Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

DANDIM 0822/BONDOWOSO PIMPIN RAPAT KOORDINASI REBOISASI DI LAHAN KRITIS KECAMATAN IJEN

97

Bondowoso, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P., memimpin pelaksanaan rapat koordinasi Reboisasi di lahan kritis Kecamatan Ijen bertempat di ruang data Kodim 0822 Jl. Letnan Sutarman No. 06 Bondowoso, Jumat (21/2).

Dalam rapat tersebut dihadiri Forpimda Bondowoso dan Forpimka Kec. Ijen serta LSM Peduli Lingkungan Hutan Lindung Bondowoso.

Dalam rapat koordinasi Dandim 0822/Bondowoso mengatakan, “Penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya banjir, longsor, sekaligus sebagai upaya menghijaukan kembali lahan kritis. Penanaman rumput Vetiver merupakan jenis tanaman yang sangat efektif untuk mengantisipasi terjadi nya tanah longsor, karena akarnya bisa mencapai kedalaman 5,2 meter dan memiliki daya cengkeram kuat dalam mengikat tanah. “Ini adalah upaya kita agar tidak terjadi longsor dan banjir bandang lagi di wilayah Kec. Ijen,” katanya. Dandim 0822 menambahkan juga berharap ke depan jangan sampai terulang lagi pembalakan liar di kawasan hutan, karena hal itu sangat berpengaruh bagi masyarakat banyak. “Dampak buruk dari pembalakan seperti ini bisa dirasakan oleh banyak orang. Oleh karena itu mari kita jaga bersama-sama hutan ini, lestarikan alam, lestarikan hutan, karena hutan merupakan sumber mata air,” tandasnya. (By Pendim 0822).