Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

DANDIM 0822/BONDOWOSO BERKATA “MENYANTUNI ANAK YATIM TIDAK AKAN JATUH MISKIN”

71

Bondowoso, Bertempat di halaman Masjid Az-Zahro Jl. Raya Situbondo Gang Baiturrahman Desa Bataan Kecamatan Tenggarang, Komandan Kodim 0822/Bondowoso, Letkol Inf Jadi, S.I.P., bersama Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0822/Bondowoso menghadiri acara penyerahan santunan anak yatim, Minggu pagi (15/9).

Dalam sambutannya Dandim 0822/Bondowoso mengatakan,” pada hari ke-10 bulan Muharam 1441 Hijriyah ini Kodim 0822/Bondowoso bersama Muspika Kec. Tenggarang melaksanakan pemberian santunan kepada anak yatim sebanyak 50 orang yang merupakan warga tiap-tiap Desa di Kec. Tenggarang.

Dandim 0822/Bondowoso menjelaskan, “berbagi terhadap sesama dibulan Muharam ini yang merupakan lebaran anak yatim kita tidak akan jatuh miskin, malah rezeki kita akan ditambah oleh Alah SWT berlipat ganda. Memang di anjurkan untuk memberikan bantuan kepada anak yatim ,dengan Harapan kita semua mendapatkan syafaat dan hidayah dari Allh SWT. Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:

Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya[1].
Makna hadits ini: orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan menempati kedudukan yang tinggi di surga dekat dengan kedudukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam[2].

Arti “menanggung anak yatim” adalah mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, seperti nafkah (makan dan minum), pakaian, mengasuh dan mendidiknya dengan pendidikan Islam yang benar[3].

Yang dimaksud dengan anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya sebelum anak itu mencapai usia dewasa[4].

Keutamaan dalam hadits ini belaku bagi orang yang meyantuni anak yatim dari harta orang itu sendiri atau harta anak yatim tersebut jika orang itu benar-benar yang mendapat kepercayaan untuk itu[5].

Demikian pula, keutamaan ini berlaku bagi orang yang meyantuni anak yatim yang punya hubungan keluarga dengannya atau anak yatim yang sama sekali tidak punya hubungan keluarga dengannya[6]. (By Pendim 0822).