Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

KASDIM 0822/BONDOWOSO PIMPIN UPACARA BENDERA 17AN BULAN JANUARI TAHUN 2019

57

Bondowoso 17 Januari 2019, Jajaran Kodim 0822/Bondowoso melaksanakan kegiatan upacara pengibaran bendera 17-an bulan Januari 2019 bertempat di Makodim 0822/Bondowoso Jl. Letnan Sutraman No. 06 Bondowoso. Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Kodim 0822/Bondowoso Mayor Inf Suhalid dan sebagai Komandan Upacara Danramil 0822/15 Klabang Kapten Inf Edi Purwantoro. Pembaca Pembukaan UUD 1945 oleh Sertu Edi dan Pengucap Sapta Marga Serda Nurhafidz dari Koramil 0822/15 Klabang serta pembaca Sapta Prasetya Korpri ASN Hariyono.

Selaku Inspektur Upacara, Kasdim 0822, membacakan inti amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahtjanto.

“Tahun 2018 juga menjadi pembuktian bahwa TNI mampu menyelenggarakan beberapa kegiatan berskala besar secara serentak. TNI melaksanakan penanggulangan bencana gempa di Lombok serta gempa di Palu seraya juga mengamankan Asian Games ke-18 di Jakarta-Palembang dan pengamanan IMFWorld Bank annual meeting di Bali. Sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional, TNI dinilai mampu menjadi perekat kemajemukan dalam menjaga kebhinekaan. TNI bersama-sama segenap komponen bangsa harus melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas dalam mewujudkan rasa aman dan tenteram di masyarakat. Sinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga, serta seluruh komponen bangsa harus dipelihara dan ditingkatkan, tidak sekedar menjadi selogan. Pesta Demokrasi 2019 merupakan even akbar nasional yang menjadi perhatian kita semua. Pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden harus dapat berjalan dengan lancar, aman, damai, dan sukses. Stabilitas nasional harus tetap terjaga sebelum, selama, dan setelah pemilihan tersebut. Netralitas TNI kembali harus kita tunjukkan. Oleh karenanya saya perintahkan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk berpegang teguh pada pedoman netralitas yang telah saya canangkan. Jangan terpengaruh pada berbagai isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Pegang teguh rantai komando dan laporkan kepada komandan satuan bila menemui kendala. Itu semua terasa sangat berat manakala kita tidak menyadari betapa mulianya tugas yang kita emban. Sadarilah bahwa jerih payah para prajurit dan PNS TNI juga menjadi ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain itu dalam setiap pelaksanaan tugas pokoknya, TNI harus bersatu dan manunggal bersama rakyat. TNI adalah bagian dari rakyat, dan kemanunggalan TNI dan rakyat adalah marwah NKRI sejak negeri ini berdiri”. (By Pendim 0822).