Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

KASI OPS KOREM 083/BDJ PIMPIN BREIFING PENANGGULANGAN BENCANA ALAM DI WILAYAH KODIM 0822/BONDOWOSO

8

Bondowoso, Dalam upaya kesiapan penanggulangan Bencana Alam, Korem 083/Bdj akan menggelar latihan penanggulangan Bencana Alam Gunung Raung di Kec. Sumber Wringin Kab. Bondowoso., Korem 083/Baladhika Jaya Breifing Penanggulangan Bencana Alam “Baladhika-Waspada-19” TA. 2019 bertempat di ruang data Kodim 0822/Bondowoso Jl. Letnan Sutarman No.06 Bondowoso, Selasa (5/11).

Kegiatan Breifing tersebut dipimpin langsung oleh Kasiops Korem 083/Bdj Letkol Inf Nanang Prianggodo, S.Sos, M.A.P., Tampak dalam rapat tersebut dihadiri Lintas Sektoral diantaranya, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P., Pasilat Korem 083/Bdj Mayor Inf Tohir, Kabag Ops Polres Bondowoso Kompol M. Toha, Danramil jajaran Kodim 0822, Perwakilan Yonif Raider 514/SY, Yonif 527, P3M Bondowoso, BPBD, PMI, PMK, ORARI, RSUD Bondowoso.

Dalam briefing tersebut terdapat beberapa hal yang dibahas oleh Kasiops Korem 083/Bdj, termasuk di antaranya mengenai penanganan terhadap terjadinya bencana alam Gunung Raung.

Mengawali arahanya, Kasiops Korem 083/Bdj mengatakan, “Bahwa latihan yang akan dilaksanakan nanti, bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat dan semua pelaku simulasi penanggulangan bencana, terhadap apa yang seharusnya dilakukan bila sewaktu-waktu terjadi erupsi  Gunung Raung. “Sehingga diharapkan mereka  sudah siap untuk melaksanakan kegiatan tersebut, jika hal itu benar-benar terjadi, mengingat wilayah tersebut lokasinya berada di kaki Gunung Raung. Beberapa tata cara dinilai sangat tepat dalam mengatasi terjadinya bencana alam, hingga timbulnya kerawanan yang berpotensi mengganggu kondusifitas wilayah. Menurutnya, kegiatan karya bakti yang sering dilakukan oleh prajurit bersama seluruh masyarakat dinilai mampu memberikan informasi yang lebih nyata akan potensi terjadinya bencana alam di setiap wilayah. “Jika terjadi bencana, prajurit harus tanggap. Terutama dalam memberikan bantuan secara cepat dan tepat ke pihak Pemerintah Daerah Kab. Bondowoso,” ujar Letkol Inf Nanang Prianggodo, S.Sos, M.A.P.

Lanjut Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P., menambahkan, “Kegiatan Breifing ini dilakukan karena memang di Kab. Bondowoso rawan Bencana Alam terutama pada saat terjadi Erupsi Gunung Raung. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempercepat gerak Lintas Sektoral dalam  membantu serta evakuasi apabila masyarakat  apabila terjadi Erupsi Gunung Raung, tuturnya. (By Pendim 0822).