Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

DANDIM 0822/BONDOWOSO HADIRI PERESMIAN JALAN POROS WISATA KAWAH WURUNG

9

Bondowoso, Wisata Kawah Urung Bondowoso, merupakan sebuah wisata alam liar dengan hamparan tanah yang luas dengan ditumbuhi rerumputan. Definisi ini sama dengan savana, atau padang rumput. Ya, memang jika dilihat secara utuh dari atas, tempat ini akan terlihat seperti padang rumput, hanya saja, kawasan Kawah Wurung Jampit ini berbentuk perbukitan. Dalam bahasa jawa, kata wurung berarti sesuatu yang gagal atau tidak jadi. Sehingga Kawah Wurung mempunyai arti kawah yang tidak jadi terbentuk. Jika kawah ijen terkenal dengan air danaunya yang mematikan, maka, Kawah Wurung ini sama sekali tidak memiliki air. Hanya berupa cekungan tanah yang luas dengan tetap ditumbuhi hijaunya rumput. Cekungan tanah yang menyerupai kawah ini disebut dengan bukit cincin. Di tepi kawah atau kaldera kosong di Kawah Wurung ini dikelilingi pohon dengan bentuk melingkar, oleh karenanya disebut bukit cincin Bertempat di Kawah Wurung, telah dilaksanakan Peresmian Jalan Poros Kawah Wurung, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kab. Bondowoso, Senin (30/9).


Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P., Kejaksaan Ibu Inaisih Hesty Ningsih SH, MM., dan Kadis PUPR Bondowoso Mulyadi, SP, MM, serta Kepala OPD dan Camat jajaran Pemkab. Bondowoso.
Dalam acara tersebut sambutan Bupati Bondowoso mengatakan, “Dengan dibangunnya jalan ini dapat mempermudah akses masyarakat untuk beraktifitas dan mempermudah para wisatawan untuk menuju kawah wurung ini. Mari kita bersama sama memelihara apa yg sudah kita bangun untuk Kab. Bondowoso, saya yakin kedepan Bondowoso akan sama dengan kabupaten- kabupaten yang lain, bahkan kita akan lebih mampu mengungguli kabupaten lain sesuai dengan cita cita kita “Bondowoso Melesat”, tutur Drs. KH. Salwa Arifin. (By Pendim 0822).