Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

DANDIM 0822/BONDOWOSO KUNJUNGI SITUS GOA BUTO SI GEMBER SUMBER WRINGIN

11

Bondowoso, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P., bersama anggota komunitas Trail Kodim 0822 mengunjungi Situs Purbakala Goa Buto Si Gember yang terletak di Dusun Cangkring Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso, Selasa (24/9).

Sama dengan Situs Goa Buto di Cermee, Situs Goa Buto Sumber Canting atau biasa masyarakat menyebutnya dengan Goa Si Gember (diambil dari kata gambar) karena di goa ini banyak terdapat relief yang terpahat di tebing cadas dan juga di bongkahan batu.

Dandim 0822/Bondowoso mengatakan, “Jika kalian berkunjung ke kawah Ijen via Bondowoso mampirlah untuk menengok sisa kejayaan nenek moyang sekaligus belajar tentang sejarah. Untuk menuju ke situs Goa Buto Sumber Canting, karena selain keberadaannya yang masih tersembunyi, biasanya abang ojek tak ada yang mau mengantar sampai tujuan karena medan yang berat.”, ujarnya.

Sayangnya banyak tangan tak bertanggung jawab yang melakukan aksi vandalis sehingga kondisi situs ini cukup memprihatinkan. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan merawat benda penting ini untuk anak cucu nantinya. (By Pendim 0822).