Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

DANDIM 0822/BONDOWOSO SINGGAHI SITUS PURBAKALA BONDOWOSO

9

Bondowoso, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P., bersama rombongan menyempatkan singgah di Situs Purbakala Batung Kenong di Kec. Maesan. Tak banyak literatur sejarah dalam dunia antropologi yang mencatat tentang kehidupan  zaman prasejarah di Bondowoso, Selasa (20/8).

Letkol Inf Jadi, S.I.P. mengatakan, “Tak lengkap kiranya jika kita melakukan perjalanan hanya untuk memuaskan dahaga kita akan satu destinasi wisatanya, namun kita tak tahu tentang kultur dan peradaban sejarah di kota tersebut. Di kota tape ini banyak sekali terdapat barang-barang purbakala dan barang sejarah. Rasakan sensasi menjelajah bak Indiana Jones di sini. Inilah tempat-tempat yang harus dikunjungi jika ingin wisata sejarah di Kota Tape. Batu-batu dalam berbagai bentuk dan ukuran itu tersebar di dua kecamatan, yakni Grujugan dan Maesan, pungkas Dandim 0822/Bondowoso.

Lanjut Dandim 0822 salah satu juru pelihara situs itu, Sarkofagus digunakan untuk tempat mayat atau mirip dengan batu kubur, batu kenong dan lumpang untuk fondasi sudut rumah, dakon untuk tempat duduk dan dolmin sebagai meja.”Beragam batu sejarah yang ptensi untuk wisata,”jelasnya. (By Pendim 0822).