Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

BAWASLU KAB. BONDOWOSO GELAR APEL AKBAR PATROLI PENGAWASAN ANTI POLITIK UANG PADA PEMILU TAHUN 2019

19

Bondowoso,    Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kab. Bondowoso menggelar Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang dalam rangka menghadapi masa tenang Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD PROPINSI, DPRD Kab/Kota, Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 yang akan berlangsung beberapa hari ke depan bertempat di Stadion Magenda Kel Badean Kec / Kab Bondowoso, Jumat (12/4/2019).

Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Bondowoso diwakili oleh Asisten III Wawan Setiawan, SH, MH, Kasdim 0822 Bondowoso/Mayor Inf Suhalid, Ketua KPUD Bondowoso Haerul Anam, S. PdI, Ketua Bawaslu Bondowoso Muhammad Maksum S, Pd, Danramil jajaran Kodim 0822 dan Kapolsek jajaran Polres Bondowoso serta  Staf Bawaslu dan tenaga relawan LSM dan Mahasiswa.

Pembacaan Amanat Bawaslu RI yang dibacakan oleh pembina Apel antara lain:

“Ketua Bawaslu RI Abhan menerangkan bahwa sukses tidaknya penyelenggaraan Pemilu ini tidak hanya tanggung jawab penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu), tetapi tanggung jawab seluruh elemen Masyarakat di Indonesia. Minimal ada Tiga Elemen yang punya peran besar untuk suksesnya Pemilu 2019. Pertama, Penyelenggara Pemilu KPU Bawaslu, KPU dan Bawaslu harus bisa menjalankan Pemilu sebaik-baiknya, yaitu dengan menjaga integritas penyelenggaraan dan integritas sebagai penyelenggara.

Maka, Bawaslu tak henti hentinya meminta kepada Masyarakat untuk bersama-sama mengawasi penyelenggara Pemilu, yaitu KPU dan Bawaslu, apakah mereka bisa bertindak adil atau tidak, berintegritas atau tidak, curang atau tidak. Integritas penyelenggara Pemilu adalah harga mati,” Ungkap Koordinator Divisi SDM dan Organisasi ini saat memberikan sambutan pada Peresmian Kampung Pengawasan Pemilu 2019 di Desa Silau Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Kedua,Peserta Pemilu, Partai Politik, Paslon Presiden dan Wakil Presiden. “Peserta Pemilu harus patuh pada aturan Pemilu,aturan mainnya ada pada UU 7 2017, PKPU, dan Perbawaslu. Ikuti dan patuhi Norma-norma yang ada. Ketiga,Masyarakat yang punya hak pilih. “Bawaslu mengimbau agar Masyarakat datang ke TPS pada Tanggal 17 April 2019,Gunakan menyalurkan hak pilihnya, jangan sampai  Golput karena suara anda menentukan 5 tahun Indonesia ke depan.Jadilah pemilih yang Rasional dan Berintegritas,pemilih yang datang ke TPS bukan karena di beri uang untuk mencoblos calon tertentu, tetapi memilih karena melihat Visi Misi peserta Pemilu yang dapat mengemban Amanat Rakyat,” pungkasnya. (By Pendim 0822).