Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

DANDIM 0822/BONDOWOSO, KAPOLRES BONDOWOSO, KETUA KPUD DAN KETUA BAWASLU BONDOWOSO VIDEO CONFERENCE DENGAN MENKOPOLHUKAM

13

Bondowoso, 21 Maret 2019,  Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Tarmuji, S.Ag turut menghadiri acara Video Conference (Vidcon) Kesiapan Pemilu 2019 di wilayah Kab. Bondowoso yang digelar Kapolres Bondowoso bertempat di ruangan Wira Pratama Conference Polres Bondowoso Jl. Veteran No. 01 Bondowoso dalam rangka koordinasi kesiapan pengamanan tahapan masa rapat umum / kampanye serta tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Bondowoso AKBP Febrainsyah, S.I.K., Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf. Tarmuji, S.Ag dan Ketua KPUD Kab. Bondowoso Sdr. Haerul Anam, S.Ag serta Bawaslu Kab. Bondowoso diwakili oleh Kord. Divisi Hukum dan Data Sdr. Fricas Abdillah, SH.

Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf. Tarmuji, S.Ag mengungkapkan pihak TNI dalam hal ini Kodim 0822/Bondowoso, selalu siap mengamankan pelaksanaan Pilleg dan Pilpres 2019, dan bersama-sama Polri menjamin pemilu berlangsung aman dan nyaman, serta menegaskan Netralitas Kodim 0822 dan TNI.

Pada kesempatan tersebut Menkopolhukam Dr. H. Wiranto, S.H. menyampaikan yaitu:

a) Melakukan kesiapan akhir dalam rangka menghadapi tahapan pemilu 2019 yang dimana sebentar lagi akan memasuki tahap kampanye rapat umum yang berlangsung selama 21 hari mulai tanggal 24 Maret s/d 13 April 2019.

b) Bahwa untuk tingkat keamanan nasional, Indonesia merupakan negara teraman nomor 9 di dunia sehingga tidak salah menjadi sebagai negara tujuan untuk berinvestasi, ini harus kita pertahankan bahkan ditingkatkan khususnya menjelang Pemilu 2019.

c) Keamanan nasional merupakan hasil kerja keras bersama serta wujud dari sinergitas TNI, Polri dan instansi / lembaga terkait lainnya.

d) Pemilu ini merupakan bukan siapa melawan siapa melainkan merupakan serangkaian bentuk perwujudan dari pesta demokrasi yang tertuang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

e) Keamanan ini merupakan kondisi yang harus kita hadirkan sehingga marilah sejak dini mengenali, memahami dan menetralisir ancaman dan gangguan Kamtibmas serta tindak tegas terhadap siapapun yang berupaya untuk menggagalkan Pemilu 2019.

f) Munculnya isu Pemilu tahun ini tidak akan aman merupakan isu yang dibuat dengan tidak berdasarkan pada fakta-fakta yang bertujuan untuk menimbulkan keresahan emosi bagi masyarakat Indonesia.

g) Pemaparan tentang maping dan teknis pengamanan TPS sesuai dengan indeks kerawanan.

h) Maping tingkat kerawanan di masing-masing daerah dimana berdasarkan hasil maping berikut daerah kategori rawan : Maluku Utara, Papua, NTT dan Aceh.

i) Optimalisasi strategi cooling system.

j) Sinergitas dan kekompakan antar petugas Pam TPS.

h) Tingkatkan Public Trust dan Public Empathy terhadap Polri. (By Pendim 0822).