Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

DANDIM 0822/BONDOWOSO TEKANKAN KEMBALI NETRALITAS TNI PADA PILEG DAN PILPRES 2019

4

Bondowoso, 08 Maret 2019,   Pembinaan tentang pemahaman Netralitas TNI dalam Pemilu 2019 secara terus menerus digemakan oleh Institusi TNI guna menjaga profesionalisme dan tugas pokok TNI dalam mengawal kedaulatan negara dihadapkan pada dinamika politik saat ini menjelang Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Bertempat di aula Jenderal Sudirman Kodim 0822/Bondowoso Jl. Letnan Sutarman No. 06 Bondowoso telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pileg dan Pilpres tahun 2019 dengan menggusung tema “Melalui Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pileg/Pilpres, Kita Wujudkan Profesionalisme TNI Dengan Bersikap Netral Dalam Penyelenggaraan Pemilu Baik Pileg Maupun Pilpres Dan Senantiasa Mendukung Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu Yang LUBER Dan JURDIL Di Seluruh Wilayah NKRI”.

Dandim 0822/Bondowoso, Letkol Inf Tarmuji, S.Ag, bertindak selaku narasumber menjelaskan “Aturan dan sejumlah pasal Undang-undang Internal TNI, menyatakan prajurit dilarang terlibat dalam kegiatan politik praktis, karena tugas TNI untuk pertahanan dan keamanan.

Intinya, Netralitas TNI dalam pemilu adalah harga mati, maka penegasan ini berlaku bagi seluruh anggota TNI. Tidak ada satupun anggota TNI terlibat politik praktis atau mendukung salah satu calon dalam pemilu mendatang. Ini merupakan penegasan, penekanan ulang untuk mengedepankan Netralitas,” ujarnya Dandim 0822. (By Pendim 0822).