Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

LETKOL INF TARMUJI, S.Ag HADIRI RAKOR (PAKEM) KAB. BONDOWOSO

123

Bondowoso, 20 September 2018,  Bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Bondowoso Jl. Ahmad Yani No. 82 Bondowoso telah dilaksanakan kegiatan rapat Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran keagamaan Dalam Masyarakat (Pakem) Kab. Bondowoso.

Turut hadir dalam acara tersebut Kajari Bondowoso Taufik Hidayat, SH, MH,  Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Tarmuji, S.Ag, Kapolres Bondowoso  AKBP Taufik Herdiansyah Zainardi, SIK., SH, Drs. Agung Trihandoko, MM, Ketua FKUB Kab. Bondowoso K.H Saiful Haq dan Kementrian Agama Kab. Bondowoso Drs Sholikhul Kirom MP, MM serta  Kesbangpol Drs. Chusnudin, Msi.

Sambutan dan arahan dari Kajari Bondowoso Taufik Hidayat, SH, MH:

Terima kasih kepada Forpimda dalam hal ini Dandim 0822, Kapolres dan Bupati dalam hal ini di wakilkan oleh Asisten 1 Dan para undang (FKUB),Kesbangpol.

Pengawasan Aliran kepercayaan dan Keagamaan dlm masy.sampai Saat ini Masih dalam wewenang Dan pengawasaan Mahkamah agung dimana Mahkamah agung Berhak mencabut Jika memang ajaran ini sangat menyimpang Dari jaran Agama masing” yang bisa membuat tidak kondusif di sekitaran lingkungan masyarakat.

Di Bondowoso Ada aliran Pangestu dimana keyakinan ini Terdiri dari berbagi Agama yang Ada,keyakinan itu sdh di legalkan dan Sdh di lindungi oleh Undang “keyakinan ini mengajarkan kepada pengikutnya agar selalu berubah dan menerima apa adanya dalam berkehidupan di dlm bermasyarakat.

Sambutan dan arahan dari asisten 1 Pemkab. Bondowoso Drs. Agung Trihandoko, mm:

Menyampaikan perijinan Maaf dimana Plt. Bupati tdk bisa hadir karena ada tugas khusus yang tdk dpt dintinggalkan. Untuk saat ini di Kab. Bdwso dlm ditemukan Adanya penganut ajaran kepercayaan karena kami sudah Cek di Dispenduk Dan kebetulan kami sempat menjadi Plt. Dispenduk. Namun pernah Ada Waktu itu sempat heboh adanya aliran bank moge dan sempat mau membikin ponpes di selolembu Curahdami. namun sampai saat ini tdk berkembang. Terkait dgn ini pemkab sangat berterima kasih dengan Adanya kegiatan ini, dimana ini merupakan event sekaligus masukan bagi kita terutama kami dari pemkab ini merupakan pertemuan yang sangat luar Biasa. Kami tdk bisa berbicara banyak kami memang Blm tau banyak tentang hal ini.Takutnya Jika kami Terlalu banyak bicara bisa salah ngomong karena kita sangat awam dgn aliran aliran,Pada intinya kami sangat mendukung kegiatan ini.

Sambutan dan arahan dari Kapolres Bondowoso Taufik Herdiansyah Zainardi, SIK., SH:

Intinya kami dari pihak Keamanan sangat mengapresiasi dengan Adanya kegiatan rapat pagi hari ini. Semoga rapat Terkait masalah aliran kepercayaan dapat menghasilkan hal”yang positif, Untuk Itu Mari kita saling bekerjasama dalam setiap Pelaksanaan dilapangan. Besar harapan kami dgn Adanya wadah PAKEM yang Diketuai oleh Bpk Kajari semua lapisan masy bisa memahami Dan mengetahui Jika ditemukan adanya aliran” kepercayaan yang memyimpang Dari Agama Yang sdh di akui oleh negara kita. Kedepan Mari sama” mensukseskan Dan mensosialisasikan kegiatan atau wadah PAKEM.

Sambutan dan arahan dari Dandim 0822/Bondowoso:

Intinya kami sangat mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan Suatu pembinaan bagi masyarakat. di Indo sangat byk ditemukan aliran kepercayaan.

Kami hanya menyarankan agar para ap Intel di lapangan baik itu dari Kodim, Polres, kejaksaan agar puldata di lap Terkait jika ditemukannya aliran kepercayaan di wilayah tanggung Jawab kita agar di dalami.jika di temukan adanya Aliran Kepercayaan yang menyimpang dgn Agama  yang ada di Indonesia segera Laporkan dan kita akan melaksanakan tindakan Serta berkordinasi dengan aparat Terkait dan unsur masy Serta yang membidangi dalam hal ini q”PAKEM” /Pengawasan aliran kepercayaan dan Keagamaan dalam masy. Yang di ketuai oleh Kajari.

Sambutan dan arahan dari Kementrian Agama Kab. Bondowoso Drs Sholikhul Kirom MP, MM:

Besar harapan kami dengan Adanya wadah seperti ini bisa menjembatani Jika dilapangan Ada temuan Terkait masalah aliran kepercayaan.

Kami berterima kasih sekali dengan Adanya rapat tim koordinasi PAKEM yang Saat ini kita laksanakan.Pada intinya kami sangat mendukung dan mensuprot wadah ini.

Sambutan Dan arahan dari Ketua FKUB KH. Saiful Haq:

Pada intinya kami FKUB bdwso sangat mendukung adanya rapat Tim Koordinasi PAKEM (Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan dalam Masyarakat) semoga dengan kegiatan rapat ini Ada Hasil yang positif.

Dalam hal ini FKUB membantu pemerintah daerah utk mengkondusifkan situasi  di lingkungan masy bawah.

Sambutan dan arahan dari Bakesbangpol Bondowoso Drs. Chusnudin, Msi:

mendukung adanya rapat Tim Koordinasi PAKEM (Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan dalam Masyarakat) semoga dengan adanya tim koordinasi PAKEM ini Ada Hasil yang positif. Dalam hal ini bakesbang membantu pemerintah daerah untuk mengkondusifkan situasi  di lingkungan masyarakat bawah. (By Pendim 0822).