Kodim 0822 Bondowoso
Kodim 0822 Bondowoso

DANDIM 0822/BONDOWOSO PIMPIN SHOLAT IDUL FITRI 1439 H/ 2018 M

128

15 Juni 2018,  Pimpinan Daerah Muhammadiyah Cab. Bondowoso mengelar sholat Idul Fitri 1439 H/2018 M bertempat di lapangan sepakbola Perintis Kel. Badean Kec/Kab. Bondowoso. Bertindak sebagai Imam dan Khotib Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Tarmuji, S.Ag. Adapun inti khutbah yang disampaikan Dandim 0822/Bondowoso:

Dalam bulan suci romadlon begitu banyak pelajaran hukum dan hikmah faidah dan fadilah yang dapat kita petik untuk menjadi bekal dalam menjalani hidup di masa selanjutnya, Bila di ibaratkan Romadlon adalah madrosah tempat kita belajar di mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, semula sesuatu yang halal menjadi haram, makan dan minum yang semula halal bagi kita di sepanjang hari maka di bulan romadlon menjadi haram. Sementara dari aspek sosial semua orang pernah merasakan kenyang tetapi tidak semuanya merasakan lapar oleh karena itu ada tiga hikmah romadlon yang semestinya kita pegang teguh.

Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, S.Ag memberikan khutbah sholat Idul Fitri 1439 H

1. Hikmah moral tahzibunnafsi.

Menahan nafsu, karena musuh terbesar manusia adalah hawa nafsu yang sejak dulu tidak pernah berdamai. Rosululloh SAW mengatakan bahwa jihad yang paling besar adalah jihad melawan diri sendiri.

2. Hikmah berjihad dalam Romadlon.

Yang di maksud jihad dalam romadlon ialah jihad melawan diri sendiri yang di sebut jihadul akbar jihad yang besar, Dengan demikian jihad akan terus hidup dalam jiwa ummat islam baik dalam kondisi peperangan maupun dalam kondisi damai, jihad tetap di jalankan.

Dalam konteks masyarakat indonesia saat ini, jihad yang di butuhkan bukanlah jihad mengangkat senjata, bukanlah jihad merakit bom dll, Akan tetapi jihad mengendalikan diri dan mendorong sebuah sistim sosial yang bermanfaat dan martabat.

3. Hikmah sosial Romadlon

Hikmah sosial romadlon terlukiskan dengan indah yaitu pada detik-detik terakhir romadlon dan gerbang menuju bulan syawwal, yaitu dimana ketika kita mengeluarkan zakat fitrah kepada asnafuts tsamaniyah (delapan kategori kelompok masyarakat yang berhaq menerima zakat) terutama kaum fakir miskin , tampak terlihat tali silaturrahmi dengan semangat serta ikhlas berbagi, Semangat zakat fitrah melahirkan kesadaran untuk tolong menolong antara orang yang kaya dan orang yang miskin antara orang yang hidup berkecukupan dengan yang hidup serba kekurangan. (By Pendim 0822).